Organisasi Pelajar Madrasah Ibtidaiyah (OPMI) Tanwirul Hija




Di era globalisasi seperti ini yang sangat mengedepankan informasi untuk menunjang suatu kesuksesan, kehidupan sosial bisa sangat menyulitkan bagi beberapa orang. Memang, hidup di zaman seperti ini membutuhkan skills tertentu agar tidak terlempar dari kompetisi kehidupan. Skills tersebut terbagi menjadi dua, yakni: hard skills dan soft skills.

          Hard skills adalah suatu kemampuan dalam hal pengetahuan, keahlian untuk mengoperasikan sesuatu, keahlian  untuk melakukan sesuatu, atau  kemampuan-kemampuan lain yang sifatnya dapat tampak secara nyata untuk mengukur kemampuan tersebut. Hard skills dapat kita peroleh dengan belajar di sekolah.


          Soft skills adalah suatu kemampuan dalam hal mental, keberanian, keahlian mengontrol emosi, ahlaqul karimah, dan lain sebagainya yakni yang bersifat abstrak tetapi sangat penting dalam kehidupan manusia di dunia. Soft skills jarang diajarkan disekolah, akan tetapi biasanya sekolah menfasilitasi siswa-siswinya dengan mengadakan kegiatan ekstra tertentu, seperti OSIS, Pramuka, PMR, Theatre, Pencinta Alam, dll.


          Kegiatan seperti itu sangat penting sekali bagi para siswa guna menunjang kemampuan soft skills mereka. Pramuka contohnya, dengan mengikuti Pramuka siswa akan dilatih untuk berani menghadapi tantangan, melakukan problem solving, bergotong royang, berjiwa nasionalis, suka menolong, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini tidak termasuk dalam apa yang diajarkan dalam proses belajar mengajar formal dalam kelas, akan tetapi hal-hal tersebut seringkali lebih dibutuhkan oleh para siswa untuk menatap masa depan dibanding dengan apa yang mereka dapatkan dari kegiatan belajar formal dalam kelas.


          Atas dasar tersebut, sebagai lahan berlatih organisasi dan meningkatkan kemampuan soft skills para siswa, maka MI Tanwirul Hija Selorejo Baureno Bojonegoro mendirikan sebuah organisasi semacam OSIS yang berada dalam lingkungan Sekolah Dasar (SD/ MI) dengan nama Organisasi Pelajar Madrasah Ibtidaiyah (OPMI) Tanwirul Hija, dan menjadi satu-satunya sekaligus yang pertama sebuah sekolah tingkat dasar di Bojonegoro yang memiliki OSIS di lingkungan sekolahnya dan dijalankan sepenuhnya oleh para siswa yang tergabung dalam kepengurusan OPMI Tanwirul Hija.


          Untuk tergabung dalam kepengurusan OPMI Tanwirul Hija tidaklah mudah, para siswa harus memiliki kriteria tertentu yang terakumulasikan sejak mereka masuk dalam dunia pendidikan MI Tanwirul Hija hingga sekarang ini. Dan sangat sulit pula bagi para dewan guru untuk melakukan penyaringan nama-nama siswa yang layak untuk tergabung dalam kepengurusan OPMI Tanwirul Hija, beberapa model penseleksian diterapkan dan akhirnya berjalan efektif serta sesuai dengan apa yang diharapakan, dan pada akhirnya 32 nama siswa-siswi pengurus OPMI Tanwirul Hija terbentuk. Dan berikut adalah nama-nama siswa terpilih tersebut:


1.         Ketua                      : Nuri Salsabela Al-Ghofuroh

2.        Wakil Ketua             : Mus’ab Az-zubairi

3.        Sekretaris              : M. Usuluddin

4.        Wakil Sekretaris     : M. Afrizal Firmansyah

5.        Bendahara               : Elsa Manora Romadhona

6.        Wakil Bendahara      : Hilya Sylfania


Seksi           :

1.     Seksi Kreatifitas

*        Dian Nauva Lia

*        Alya Anjani

*        Mia Tri Jayanti

*        M. Muhyidin

*        M. Andre Arifin


2.    Seksi Kedisiplinan

*        Muhammad Khoirul Imamuddin

*        Aqila Ainayya

*        Bagas Dwi Prasetyo

*        Ihza Zamzara Maulidia Putri

*        M. Risvani Sibro Mulisi


3.    Seksi Keagamaan dan Pendidikan

*        Ah. Hamzah Hibatullah

*        A. Amar Syarifudin

*        M. Choiruman Nadhir Sya’roni

*        Miswa Nadia Amreni

*        Istiqomah


4.    Seksi Kesehatan

*        Siti Khoirin Nishah

*        Rada Aina Zanuba

*        Meila Weeke Al-Fulana

*        Shinta Silviana Dewi

*        M. Yogi’ Cahyono

5.    Seksi Kegiatan Extra Sekolah

*        M. rafi Raf Sanjani

*        M. febri Zihcham Fahmi

*        Dewi Rosyida Rosiana

*        Fiki Fahrudin M. R.

*        Himatul Aliyah


          Sebelum resmi dilatik sebagai pengurus OPMI Tanwirul Hija, para siswa tersebut harus mengikuti program karantina untuk melewati serangkaian program yang merupakan proses terakhir apakah mereka benar-benar layak menjadi pengurus OPMI Tanwirul Hija, kegiatan ini berlangsung dari hari Kamis, 15 s/d Jum’at 16 September 2011 bertempat di lingkungan madrasah Tanwirul Hija.


 

          Setelah pengucapan ikrar yang diikuti oleh seluruh pengurus OPMI Tanwirul Hija dan pembacaan Surat Keputusan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Hija pada Jum'at, 16 September 2011 maka resmilah mereka menjadi pengurus Organisasi Pelajar Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Hija (OPMI) pada periode yang pertama ini. Good Lucks, Guys!!!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.