Peringatan 1 Muharram 1433 H




1 Muharram bukanlah sembarang hari bagi umat Islam di manapun ia berada, tanggal ini mengandung sejarah yang sangat luar biasa, hari dimana Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makah ke Madinah.


Keadaan kota Makah yang mencekam disebabkan oleh kaum kafir Quraisy yang menolak ajaran Islam dan pengikutnya serta lebih cenderung untuk melestarikan kehidupan jahiliyah sebagaimana yang diwariskan oleh kakek moyang mereka sehingga memaksa kaum muslimin untuk hijrah ke Madinah.


Hijrahnya Nabi Muhammad beserta kaum muslimin ke Madinah akhirnya berbuah manis, sambutan hangat dari penduduk Madinah memudahkan Nabi untuk menyebarkan Islam.


Dari peristiwa hijrah inilah sehinga Islam bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga Indonesia. Ini adalah peristiwa yang sangat besar dan sebetulnya tidak akan mungkin bisa dilupakan oleh kaum muslimin, akan tetapi jika tidak rutin kita peringati dan sampaikan kepada generasi muda tetang 1 Muharram, bisa jadi kata “1 Muharram” akan menjadi sangat asing bagi umat Islam di kemudian hari.


Atas dasar itulah pada hari Minggu, 27 Nopember 2011 M / 1 Muharram 1433 H MI Tanwirul Hija mengadakan peringatan tahun baru Hijriah 1 Muharram 1433 H. kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari kelas 4, 5, dan 6. Dalam peringatan ini siswa diajak untuk membaca maulidu-diba’ dan diharapkan bisa mempertebal keimanan para murid agar selalu taat menjalankan ajaran Allah SWT dan kelak menjadi waladun shoolih yad’uulah, jernih nuraninya dan tajam fikirannya, Amiin…






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.