Peringatan Idul Adha 1432 H di MI Tanwirul Hija


10 Dzulhijjah adalah hari yang sangat bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia, pada hari tersebut terjadi peristiwa yang sangat besar dimana nabiyuna Ibrahim A.S. akan mengorbankan putra satu-satunya yang sangat ia cintai dan pertama setelah menunggu bertahun-tahun akan Beliau sembelih, hal ini Beliau lakukan semata karena ketaatan kepada Allah SWT. Setelah bermimpi agar Beliau menyembelih putranya dan mimpi itu berulang tiga malam berturut-turut sehingga membuat-Nya yakin bahwa itu adalah perintah dari Allah SWT. 

Setelah menyampaikan apa yang Beliau impikan kepada putranya Ismail A.S dan mendapat persetujuan dari-Nya, maka pada pagi hari tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah Mereka berdua berangkat ke sebuah bukit untuk mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. melalui mimpi Nabi Ibrahim A.S. dan subahnallah ketika detik-detik terakhir Nabi Ibrahim A.S mengayunkan pedangnya ke leher putra-Nya Ismail, dengan sangat luar biasa dan atas kekuasaan Allah SWT. posisi Ismail diganti dengan kambing yang sangat besar dan bukan Nabi Ismail yang disembelih akan tetapi kambing besar tersebut.

Sebagai rasa syukur atas pertolongan Allah SWT. mereka membagikan daging sembelihan kambing tersebut kepada para tetangga sekitar. Dari kejadian inilah maka setiap tanggal 10 Dzulhijjah orang Islam seluruh dunia memperingati hari Idul Adha/ hari idul Qurban untuk mengenang peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS. dan putra-Nya Ismail AS.

Peringatan peristiwa besar tersebut juga terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Hija Selorejo (MI.TH), rangkain kegiatan ini sudah dimulai sejak sore tanggal 9 Dzulhijjah 1432 H/ 5 Nopember 2011 M. kegiatan dimulai dengan ziarah ke makam Pendiri Madrasah yakni Al-Maghfurllah K.H. M. Sholeh yang diikuti oleh kelas 1 s/d 6 dan dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah dalam pembacaan Yaasiin dan tahlil.



Selanjutnya sore ba’da maghrib halaman MI.TH sudah ramai dengan kehadiran siswa-siswi MI.TH dan RA Al-Azhar Selorejo, malam ini mereka akan melaksanakan takbir keliling guna memeriahkan malam takbir menyambut hari raya Idul Adha. Perjalanan siswa mengelilingi desa Selorejo mendapat sambutan yang sangat meriah dari para warga desa, mereka berkumpul bersama seluruh anggota keluarga menunggu rombongan takbir keliling MI.TH di depan rumah mereka masing-masing.

Pagi hari setelah sholat Ied tepat tanggal 10 Dzulhijjah merupakan acara puncak peringatan hari raya Idul Adha di lingkungan MI.TH, para siswa berkumpul di madrasah untuk mendapatkan pembagian daging qurban yang diselenggarakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Hija dan diikuti oleh selureuh siswa MI.TH. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 



Itulah kegiatan yang terselenggara di MI.TH dalam peringatan hari raya Idul Adha 1432 H, semoga semua kegiatan itu bisa mandatangkan barokah bagi kehidupan kita semua di dunia ini, Amiiin…. .

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.